Peranan dan Dinamika Organisasi Baru Asia SCO

Peranan organisasi SCO (The Shanghai Cooperation Organisation) bagi Asia dan Dunia serta dinamika dalam percaturan politik dunia.

  Apa itu SCO? dan apa Peranan organisasi SCO di Asia dan Dunia.
The Shanghai Cooperation Organisation / SCO adalah sebuah organisasi kerjasama shanghai yang berdiri pada tahun 2001 di shanghai China. Organisasi ini dibentuk oleh 6 negara yang sekaligus menjadi anggotanya yaitu : China, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Russia, Tajikistan, and Uzbekistan. Sebelumnya, organisasi ini bernama Shanghai Five tahun 1996 yang hanya terdiri dari 5 negara anggota dimana Uzbekistan tidak ikut didalamnya. Seiring dengan perkembangan ekonomi negara China yang mulai menjadi raksasa ekonomi baru di dunia maka peranan SCO mulai dapat dirasakan dan dianggap penting oleh anggota-anggotanya terutama dikawasan Asia dalam menghadapi campur tangan kekuatan negara barat terutama kekuatan politik, ekonomi dan militer.

SCO kerjasama shanghai

Peranan organisasi SCO
Lahirnya SCO ini oleh para anggotanya diharapkan menjadi penyeimbang kekuatan negara barat sehingga terlahir kehidupan bernegara yang damai di kawasan Asia. Jaminan keamanan dari SCO inilah yang membangkitkan kepercayaan diri dari para anggotanya dalam hubungan bernegara baik regional maupun internasional.

Beberapa negara Asia yang dirangkul oleh SCO dalam kerjasamanya yaitu India, Pakistan, Mongolia, dan Iran memiliki status sebagai pengamat dalam organisasi ini. Sedangkan Belarus dan Sri Lanka adalah mitra dialog SCO dan Afganistan juga diundang sebagai pengamat dalam KTT SCO 2012.



  Perkembangan dan tujuan SCO:
Dalam perkembangannya, beberapa anggota SCO yang tergabung dari sub-kontinen Asia Selatan sampai Asia Barat mulai mengadakan pendekatan ke negara-negara Eropa untuk membentuk komunitas baru ekonomi zona Eurasia yang saling menguntungkan kedua belah pihak dimana sebelumnya kesepakatan lebih banyak menguntungkan pihak sekutu penguasa ekonomi global. Disinilah Peranan organisasi SCO diharapkan dapat menjadi alat bantu wadah berkomunikasi dan bekerjasama yang melindungi anggota-anggotanya.

  Dinamika politik, ekonomi dan geostrategis ASIA:
Pada artikel sebuah surat kabar berjudul Keseimbangan Baru bagi Kepentingan Damai oleh René L Pattiradjawane, beliau menulis dengan ermat mengenai situasi geopolitik, geostrategis, dan geo-ekonomi dunia setelah resesi yang dihadapi pihak barat yaitu Eropa dan Amerika terutama kegagalan AS dalam mengeksekusi kebijakan militer, diplomasi, dan intelijennya.

Informasi mengenai kebijakan poros Amerika Serikat yang akan menempatkan kekuatan 60 persen angkatan lautnya ke kawasan Asia pada tahun 2020, hal inilah yang membuat Presiden Rusia Vladimir Putin beserta dengan China dengan SCO-nya mulai membuat pendekatan strategis untuk merangkul beberapa negara di Asia. Semua negara yang terlibat dalam SCO memberikan komitmen untuk membantu Afganistan melalui kerja sama pembangunan ekonomi dan finansial. India sudah mengumumkan akan menyediakan bantuan senilai 2 miliar dollar AS bagi Afganistan setelah penarikan pasukan NATO dari afghanistan.

Didalam artikelnya pula, beliau menganalisa mengenai hal dan alasan penarikan pasukan NATO dari afghanistan dimana kesalahan geopolitik AS dan sekutu NATO-nya adalah niatan mereka untuk mengepung China dengan menguasai posisi sentral di kawasan Asia Selatan, yang justru menyebabkan penolakan Rusia untuk membantu sekutu dalam berbagai pendekatan negara barat di kawasan Timur Tengah mulai dari masalah Iran hingga Suriah.

Penolakan ini dikarenakan pendekatan negara barat selama ini akan menghambat akses Rusia ke laut air hangat di Laut Arab dan Lautan India. Maka setelah nanti penarikan pasukan NATO pada 2013 akan membuat kekuatan geopolitik di Asia berubah karena AS dan sekutunya bahkan tidak bisa memasang India menjadi kekuatan penuh mewakili kepentingan AS. Tidak hanya AS dan sekutunya, bahkan organisasi separatis dan teroris internasional seperti alqaeda akan mendapat tantangan baru karena organisasi mereka tidak memiliki tempat dalam berbagai dialog politik secara regional dan internasional.

 Secara Geo-ekonomi
Gagasan AS untuk menciptakan proyek Jalan Sutra untuk menghubungkan kawasan Eropa dengan Asia Tengah bagian selatan, dan India akan gugur dan segera tergantikan oleh rencana-rencana yang telah disiapkan oleh SCO.

Diharapkan SCO akan memberikan nuansa baru bagi dunia dengan pembangunan politik dan ekonomi dunia yang lebih baik, Kekuatan China dan Rusia saja sudah cukup menjelaskan posisi mereka di Suriah dan Iran.

Semoga pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia semakin maju dan berjalan seimbang serta tidak ada keegoisan dari negara bekekuatan lebih besar untuk memaksakan kehendaknya karena merekalah harapan untuk tercapainya perdamaian dunia.

Referensi:
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/09/02262769/keseimbangan.baru.bagi.kepentingan.damai oleh René L Pattiradjawane.

  Kalau Copy Paste diharapkan untuk mencantumkan Alamat Blog ini dan nama penulis sebagai Rujukan tulisan anda.  jangan lupa pula untuk meninggalkan komentar anda di postigan ini. Terimakasih telah menghargai penulis.
100out of 100 based on 199 ratings. 1 user reviews.
Rate:


Share 'Peranan dan Dinamika Organisasi Baru Asia SCO' On:

Dont have comment yet for: "Peranan dan Dinamika Organisasi Baru Asia SCO"

Post a Comment

free counters