Sinopsis Film American Gangster

American gangster Movie

Sinopsis Film American Gangster, American Gangster movie review full, American studies
Oleh:Wisnu Hartanto

Film ini diawali dengan adegan seorang mafia kulit hitam sedang menyiksa seseorang di sudut jalan yang gelap di malam hari. Korban terikat erat dan memohon-mohon untuk diampuni. Tanpa menghiraukan permohonan dan erangan korban kemudian mafia tersebut menyulut tubuh korban dengan rokoknya hingga terbakar, diiringi dengan tembakan kearah tubuh korban.

American Gangster Movie review American Gangster Movie review
 Denzel Washington Sebagai Frank Lucas                  Russel Crowe Sebagai Richie Roberts

Aktor yang bermain dalam film ini yaitu Denzel Washington berperan sebagai Frank Lucas, mafia yang membakar tubuh seseorang hidup-hidup di awal scene; lalu ada Russel Crowe yang berperan sebagai Richie Roberts, sang detektif jujur yang suka wanita. Keduanya adalah tokoh sentral film yang berjudul American Gangster yang mengangkat tema kehidupan gangster pada era 1960-an di Harlem, New York.

American Gangster Harlem
Setting mengambil daerah yang sarat kekerasan di Amerika Serikat, yang dikenal sebagai daerah dominasi bangsa kulit hitam atau negro. Di sini, Frank Lucas (Denzel Washington) berperan sebagai bos penyelundup narkotika yang disegani oleh para gangster dan bandar narkotika lainnya. Perjalanan karir Frank dari bawah mencapai puncak ketenaran digambarkan secara detil dalam film ini, Frank dahulu merupakan tangan kanan atau orang kepercayaan dari seorang bandar narkotika bernama Bumpy Johnson. Setelah meninggalnya Bumpy, Frank Lucas melanjutkan kegiatan bisnis narkotika milik Bumpy.
Pengalamannya selama menjadi tangan kanan Bumpy telah menjadikan Frank seorang bos mafia yang keras hati, tegas, kejam, wibawa dan jujur dalam melakukan pekerjaan. Kecerdasan Frank dalam mengambil keputusan dengan mengambil resiko untuk memotong jalur distribusi peredaran narkotika dari produsennya telah memberikan keuntungan yang lebih besar bagi bisnis narkotikanya. Frank memilih untuk membeli langsung narkotika dari Vietnam guna mendapatkan kualitas dan harga yang lebih bagus di pasar Amerika.

Paket-paket narkotika yang ia pesan dikirim melalui pesawat dengan memanfaatkan fasilitas militer Amerika Serikat yang seharusnya digunakan untuk pengiriman peralatan militer dalam peperangan melawan Vietcong di Negara Vietnam. Paket-paket narkotika ini selanjutnya diolah oleh para pekerja Frank dengan beberapa campuran pendukung dan mereka membungkusnya menjadi paket-paket yang lebih kecil. Frank menamakan paket narkotikanya dengan sebutan Blue Magic. Blue Magic produksi Frank terjual laris dipasaran karena memiliki kadar murni yang lebih tinggi dari paket narkotika lainnya. Dengan kadar yang lebih tinggi dan harga yang lebih murah membuat para pemakai narkotika beralih ke Blue Magic sehingga dalam beberapa minggu produk Frank terkenal dikalangan para pemakai narkotika dan mafia bahkan institusi kepolisian mulai mengetahui Blue Magic tetapi kepolisian belum mengetahui siapakah pembuat Blue Magic.


Kesuksesan Frank dan kekayaan materi yang dimilikinya tidak membuat dirinya menjadi sosok yang glamour dalam penampilan. Frank lebih memilih berpenampilan sederhana dan Frank masih mengingat serta sayang dengan keluarganya. Bukti rasa sayang Frank kepada keluarga ia tunjukkan dengan membelikan rumah besar untuk ibunya serta mengajak ibu beserta saudara-saudaranya untuk pindah dari North Carolina.. Rasa kepedulian terhadap keluarganya telah membuat Frank lebih percaya kepada keluarga dalam membuka dan mendistribusikan produk narkotikanya.

American Gangster Movie review
Kesuksesan Frank dalam berbisnis juga diikuti dengan kebahagian yang ia dapatkan dalam kisah cintanya. Frank menikahi seorang miss Puerto Rico yang ia kenal saat pesta pembukaan tempat hiburan milik Frank.

Di alur yang lainnya, detektif Richie Roberts diceritakan sebagai seorang detektif yang jujur dan loyal pada pekerjaanya. Di sisi lain kejujuran dan keloyalannya pada pekerjaan tidak memberikan kebahagiaan dalam kehidupan keluarganya. Kesibukan Richie sebagai detektif telah membuatnya menelantarkan keluarganya. Sifat buruk Richie yang mata keranjang dan suka wanita ditunjukkan dengan jelas dalam film ini. Kehidupan keluarga Richie akhirnya hancur dimana Richie tidak dapat mengasuh anaknya dan bersedia memberikan hak asuh anak kepada mantan istrinya karena Richie merasa bahwa ia masih terlalu mencintai pekerjaannya.
American Gangster Movie review

Kehidupan antara seorang gangster dengan kehidupan seorang detektif kepolisian digambarkan dalam dua alur yang berbeda dan jelas dalam menunjukkan latar belakang kedua tokoh kepada penonton. Kejujuran Richie dan sikapnya yang tidak mudah disuap telah membawanya pada sebuah tugas khusus yang diberikan oleh agen pemerintah pusat. Tugas khusus tersebut yaitu untuk membuka rahasia perdagangan narkotika di New York dan menangkap para pengedarnya. Tugas yang Richie dapatkan merupakan tugas yang cukup berat dimana dia beserta orang-orang pilihannya harus mencari sendiri informasi dari berbagai sumber dikarenakan institusi kepolisian telah disuap oleh para gangster untuk tidak memberikan informasi apapun kepada pemerintah. Penyelidikan Richie mendapatkan titik terang berupa paket narkotika berlabel Blue Magic yang terkenal dikalangan para gangster dan pemakai narkotika.

Kembali pada tokoh Frank Lucas, Penampilan yang sederhana dan gaya kepemimpinan Italia dalam menjalankan organisasinya telah membuat Frank yang berkulit hitam terlihat aman dari penyelidikan detektif Richie. Sedangkan detektif Richie terkecoh dan berasumsi bahwa pengedar Blue Magic yang selama ini dicarinya ialah seorang Italia. Beberapa penyelidikan ia fokuskan pada seorang gangster Italia hingga pada suatu malam ketika menyelidiki gangster Italia tersebut telah membawa Richie pada sasaran penyelidikan baru lainnya. Pada malam pertandingan tinju Muhammad Ali, Richie melihat seorang negro yang pada malam tersebut sedang berpakaian glamour dan sangat dihormati oleh gangster Italia yang selama ini telah menjadi sasaran penyelidikannya. Asumsi Richie menyatakan bahwa seseorang negro tersebut pastilah orang yang tingkatannya lebih tinggi dari gangster Italia karena Richie melihat bahwa negro tersebut sangat dihormati serta duduk di deret kursi nomor dua sedang gangster Italia duduk di deret kursi nomor tiga. Berdasarkan asumsi tersebut kemudian Richie lebih memfokuskan untuk menyelidiki gangster negro yang diketahui bernama Frank Lucas. Dari beberapa informasi dan data kriminal mengenai Frank Lucas telah membuat Richie semakin meyakini bahwa Frank adalah seorang gangster yang paling berkuasa di New York dan seorang pengedar narkotika yang paling berpengaruh di kalangan gangster lainnya.

Di alur lainya, Frank Lucas belum mengetahui kalau ia sedang diamati oleh detektif Richie. Frank hanya mengetahui bahwa ada agen khusus federal yang memerasnya dan meminta bagian keuntungan dari bisnis narkotika yang ia jalankan. Frank merasa gelisah terhdap masalah baru tersebut yang telah mengancam bisnis narkotikanya. Kegelisahan Frank bertambah ketika mendapatkan berita dari televisi mengenai berakhirnya perang Vietnam dengan ditandai ditariknya pasukan dan peralatan militer Amerika dari Negara Vietnam. Kondisi ini memaksa Frank untuk pergi ke Vietnam dan melakukan pengiriman narkotika yang terkhir kalinya dalam jumlah yang lebih besar dari pengiriman paket-paket narkotika sebelumnya. Jalur yang Frank pergunakan masih tetap seperti jalur sebelumnya yaitu melalui pesawat militer milik Amerika.

American Gangster Movie review
Di alur lainnya, detektif Richie menangkap saudara Frank atas tuduhan rencana pembunuhan terhdap seorang wanita. Richie melakukan pendekatan terhadap saudara Frank Lucas agar mendapatkan informasi yang lebih banyak mengenai Frank. Pendekatan yang Richie lakukan ternyata mendapat respon yang baik dan akhirnya saudara Frank bersedia bekerjasama dengan Richie untuk melakukan penyadapan terhada Frank Lucas. Penyadapan yang dilakukan mendapatkan barang bukti berupa rekaman informasi mengenai pengiriman paket narkotika dalam jumlah besar dari Vietnam melalui pesawat militer Amerika. Dengan mengikuti truk pembawa paket narkotika yang pergi meninggalkan bandara telah membawa Richie beserta timnya pada tempat pembuatan Blue Magic. Penangkapan dimulai dengan mengerebek pusat pembuatan Blue Magic kemudian dilanjutkan dengan menagkap para distributor Blue Magic yang berakhir dengan penangkapan Frank Lucas di sebuah gereja yang dipimpin sendiri oleh detektif Richie.

American Gangster Movie review

Penangkapan Frank Lucas membuat Richie memiliki peluang yang lebih besar untuk dapat membongkar perdagangan narkotika lainnya sehingga dapat memberantas peredaran narkotika di New York. Demi mendapatkan informasi dari Frank Lucas, Richie menawarkan keringanan masa tahanan kepada Frank jikalau Frank berkenan memberikan informasi mengenai para pengedar dan orang-orang dibelakang peredaran narkotika di New York. Frank menerima kerjasama yang ditawarkan Richie. Informasi yang diberikan Frank telah membantu richie untuk menangkap para pengedar narkotika dan produsen lain bahkan Frank memberikan informasi mengenai beberapa polisi korup yang telah melindungi peredaran narkotika di New York.

Di akhir cerita film ini, Frank telah bebas dari penjara dan hidup sebagai seorang biasa yang telah menjadi pahlawan seperti halnya detektif Richie. Hal ini karena Frank dianggap berjasa telah membantu mengurangi jumlah peredaran narkotika bahkan Frank telah berjasa membantu membersihkan institusi kepolisian dari para polisi korup yang memanfaatkan kekuasaan untuk mendapatkan materi dari peredaran narkotika itu sendiri.

#tags:  movie фильмы, sinopsis movie, film synopsis, sinopsis film

### Harap jangan dicopy-paste ke dalam website atau blog anda, karena semua konten di blog ini sekarang dilindungi oleh DMCA. Jika hendak menyalin untuk diprint, mohon untuk mencantumkan link blog ini dalam kolom referensi sebagai tanda menghargai penulis.
100out of 100 based on 199 ratings. 1 user reviews.
Rate:


Share 'Sinopsis Film American Gangster' On:

Dont have comment yet for: "Sinopsis Film American Gangster"

Post a Comment

free counters